Minggu, 21 September 2008

WAVE

Gelombang
Jika kita melihat ombak atau gelombang laut, atau melihat hamparan padi di sawah bergelombang karena tertiup angin. Dari contoh tersebut menyatakan bahwa itu adalah merupakan contoh gelombang. Apa pengertian gelombang dan jenis-jenis gelombang dalam kehidupan sehari-hari ?
Gelombang terjadi karena adanya getaran yang merambat dari sumber getarnya. Gelombang merupakan perambatan energi ke segala arah. Pembagian gelombang ada beberapa jenis ditinjau dari beberapa faktor.
Berdasarkan medium perambatannya gelombang dibagi menjadi :
1. Gelombang mekanik adalah gelombang yang perambatannya memerlukan medium perantara. Contoh : gelombang laut, gelombang tali, gelombang bunyi
2. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang perambatannya tidak memerlukan medium perantara atau dapat merambat di ruang hampa udara.
contoh : sinar matahari, gelombang cahaya, gelombang radio, gelombang televisi, sinar x
Berdasarkan arah getarnya, gelombang di bagi menjadi :
1. Gelombang Transversal adalah gelombang yang merambat tegak lurus dengan arah getarnya. Seperti pada gambar 3.2.
Contoh : gelombang pada tali, gelombang di permukaan air, gelombang cahaya, gelombang radio
Bentuk gelombang transversal berupa bukit dan lembah gelombang yang letaknya bergantian. Pola gelombang transversal seperti pada gambar 3.3. Titik B’ dan F’ disebut puncak gelombang. Titik D’ dan H’ disebut dasar gelombang. ABC dan EFG disebut bukit gelombang. CDE dan GHI disebut lembah gelombang. BB’, DD’, FF’, dan HH’ disebut Amplitudo gelombang.





Dari gambar 3.3. beberapa kemungkinan satu gelombang transversal terdiri atas bagian – bagian berikut :
a) ABCDE (satu bukit dan satu lembah) atau CDEFG ( satu lembah dan satu bukit)
b) BCDEF ( setengah bukit, satu lembah dan setengah bukit)
c) DEFGH ( setengah lembah, satu bukit dan setengah lembah )
2. Gelombang Longitudinal
Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatannya sejajar atau searah dengan arah getarnya. Seperti pada gambar 3.4.
Contoh : gelombang pada slinki, pegas, gelombang air di bagian dasar .
Pada gelombang longitudinal memiliki ciri yaitu adanya rapatan dan renggangan. Satu gelombang longitudinal terdiri dari satu rapatan dan satu renggangan atau jarak antara dua rapatan atau jarak antara dua renggangan.
Pada gelombang terdapat lima besaran yang perlu diketahui yaitu : panjang gelombang (8), frekuensi gelombang (f), perioda gelombang (T), cepat rambat gelombang (v) dan amplitudo gelombang (A).
Panjang Gelombang adalah jarak yang ditempuh satu gelombang penuh dengan memiliki satuan meter. Misalnya pada gambar 3.3. terdiri dari 2 panjang gelombang sedangkan pada gambar 3.4. terdiri dar satu panjang gelombang.
Frekuensi gelombang adalah banyaknya gelombang yang terjadi dalam waktu sekon. memiliki satuan Hertz (Hz). Contoh frekuensi suatu gelombang 100 Hz berarti dalam waktu satu sekon terjadi 100 gelombang.
Perioda gelombang adalah banyaknya waktu yang diperlukan oleh satu gelombang. Memiliki satuan sekon.
tau atau . T = 1 Hubungan antara frekuensi dan perioda berlaku persamaan :
Keterangan :
= frekuensi gelombang (Hz)
T = Perioda Gelombang (sekon)
Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh gelombang dalam waktu satu sekon. Memiliki satuan meter per sekon (m/s). dengan persamaan sebagai berikut :

Keterangan :
V = cepat rambat gelombang (m/s)
S = jarak yang ditempuh gelombang (meter)
t = waktu tempuh gelombang (sekon)
Gelombang yang merambat dari ujung yang satu ke ujung yang lain memiliki kecepatan tertentu, dengan menempuh jarak tertentu dalam waktu tertentu pula. Dengan demikian, kita dapat memperoleh hubungan antara cepat rambat gelombang (v) dengan panjang gelombang (8), perioda (T) dan frekuensi ( ) yaitu :
Keterangan :
v = cepat rambat gelombang (m/s)
8 = panjang gelombang (m)
T = perioda gelombang (sekon)

Tidak ada komentar: