Minggu, 21 September 2008

Getaran

GETARAN
Benda – benda dapat bergetar, contohnya getaran benda di ujung pegas, garpu tala, ujung penggaris yang menjulur ditepi meja dan dipukul perlahan, bandul pada jam gantung, bandul ayunan, kulit gendang, senar gitar, piano. Laba-laba mendeteksi mangsanya melalui getaran jaringnya, kaca jendela bergetar saat mobil lewat depan rumah dengan suara mesin yang keras, mobil bergetar naik turun saat melalui jalan yang tidak rata dan jembatan gantung berayun saat diterpa angin yang kencang. Karena kebanyakan benda padat elastis, sebagian besar benda tersebut bergetar saat mendapatkan gaya luar dalam waktu tertentu. Contoh yang lain misalnya getaran listrik pada peralatan radio dan televisi. Oleh karena itu pemahaman terhadap getaran sangat bermanfaat untuk menjelaskan berbagai fenomena alam. Apa sebenarnya getaran itu ? Pelajarilah dengan seksama bagian ini agar kalian memahami pengertian getaran dan mampu mengidentifikasikan getaran dalam kehidupan sehari-hari.
Perhatikan gambar 3.1. Kedudukan bandul sebelum diayunkan atau pada saat diam dinamakan kedudukan seimbang pada titik A atau dikatakan bandul berada pada posisi titik kesetimbangan. Setelah bandul kita tarik ke samping kanan atau ke samping kiri, maka bandul akan melakukan gerak bolak-balik melalui titik setimbangnya secara teratur. Gerakan yang dialami bandul tersebut disebut Getaran. Dengan Demikian Getaran adalah Gerak bolak balik sebuah benda yang secara teratur atau berkala atau periodik melewati titik setimbangnya. Pada gambar, saat bandul melewati lintasan C – A – B, bandul dikatakan telah melakukan setengah getaran, bisa juga dimulai dari B – A – C, atau A – B – A. Jika yang ditempuh bandul C – A – B – A – C atau B – A – C – A – B dikatakan bandul telah melakukan 1 (satu) getaran. Bandul berada pada posisi setimbang yaitu pada titik A, jika bandul ditarik sampai titik B atau titik C bandul dikatakan mengalami Simpangan Terbesar yang disebut dengan Amplitudo. Nilai Simpangan nol jika bandul pada posisi setimbang. Maka Amplitudo adalah Simpangan getar maksimum dari suatu getaran. Jika kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari misalnya sebuah gitar atau memperhatikan orang memainkan gitar akan terdengar alunan musik atau suara-suara yang berbeda-beda kedengarannya. Tahukah kalian mengapa senar-senar gitar berbeda ukurannya ? dan mengapa suaranya pada saat dipetik bervariasi suaranya ? Pada saat senar gitar dipetik, terdengar bunyi yang tinggi dan yang rendah. Tinggi rendahnya bunyi tergantung dari jenis senar yang bergetar dan bagian senar yang dipetik. Tinggi rendahnya bunyi tergantung pada frekuensi getaran. Apa yang dimaksud dengan frekuensi getaran itu ? Frekuensi getaran adalah banyaknya getaran yang dihasilkan dalam waktu satu sekon. Dalam SI satuan frekuensi (f) adalah persekon atau hertz (Hz). Satuan ini diambil dari nama seorang ahli fisika berkebangsaan Jerman yang bernama Heinrich Hertz yaitu penemu pertama gelombang radio pada tahun 1888.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

aku sangat berterimakasih sekali karena sangat membantu.. kalau bisa lebih komplit lagi pada bidang fisika.. terima kasih.. kutunggu selanjutnya...